Wednesday, September 29, 2021

ICIP-ICIP DI WARUNG INUL

  

Menu pilihanku di Warung Inul


    Ini menu yang saya pilih pas makan di Warung Inul. Nasi cikur dengan pepes ikan teri favoritku. Pepes tahu, goreng tempe, karedok dan sambel lalap. Sambelnya ada 2. Sambel biasa dan sambel bo'ong alias sambel gak pedas. Oh ya, sekantong kerupuk. Segini aja udah kenyang banget dan uenaknya poll. Harganya? Relatif murah. Gak lebih dari seratus ribu perak. 



    Ceritanya tuh gini .... setiap hari Jum'at saya selalu jalan kaki di Dago Pakar Resort. Pilihan olah raga di sore hari tersebut  dan di kawasan Bandung Utara ini lantaran kontur tanah yang dilewati itu naik dan turun.  Jadi biar keluar keringet banget soalnya ada jalan nanjak-nanjaknya gitu. Tentu kami tak lewat di resortnya, tapi memilih di luar resort yang berarti berada di wilayah yang masih serba hijau atau melewati perkampungan. Selesai jalan, biasanya jam 17.30 gitu, saya dan suami langsung mampir di Warung Inul  yang ada di areal Kompleks Dago Pakar Resort. Soalnya ada Warung Inul juga yang letaknya di samping Taman Hutan Raya. Semua di Bandung. 

Dateng ke Warung Inul ini memang untuk menikmati pepes teri. Pepes yang menjadi kesukaan kami. Tapi buat pecinta pepes-pepes yang lain, di Warung Inul ini juga banyak lho pilihan lainnya. Ada pepes ayam, ikan mas, jamur, peda, tahu dan pepes usus. Saya sudah  mencobanya.  Semuanya lezat dong.


Pepes Teri (kiri) dan pepes tahu (kanan)


    Untuk nasinya saya memilih nasi cikur. Sebenarnya ada beberapa pilihan untuk nasinya di Warung Inul ini. Bisa nasi putih, nasi merah dan nasi cikur. Nasi putih udah makan tiap hari. Nasi merah banyak juga yang menyediakan di resto-resto makanan Sunda. Tapi nasi cikur tuh agak susah dicari. Nasi cikur ini memang nasi khas dari Jawa Barat dan tepatnya dari Tasikmalaya. Cikur itu artinya kencur. Jadi nasi ini merupakan beras yang dicampur dengan kencur, daun kemangi, daun jeruk, bawang merah dan tentu bawang merah dan putih. Makanya gak putih-putih amat warnanya lantaran sudah berbumbu. Tapi enaknya ....gak ada duanya. Apalagi dimakan bareng pepes teri, karedok, wah .... Endeus ....👍👍


Nasi Cikur 

    Meski sudah ada sambel dan lalap, saya masih memesan karedok. Yang satu ini makanan khas dari Jawa Barat juga.  Karedok ini pun  makanan kesukaan saya di Warung Inul. Karedok tuh seperti pecel atau lotek gitu. Berbagai sayuran dicampur dengan bumbu kacang. Hanya saja kalau pecel dan lotek itu sayurannya mateng. Sedangkan karedok itu sayurannya tidak dimasak, jadi campuran sayur mentah semua. Ada kubis, taoge, mentimun, kacang panjang, terong lalap dan daun kemangi. Yang suka pedas bisa ditambah cengek alias cabe rawit. Tapi seperti saya, perut sudah tak kuat pedas lagi. Jadi saya menyantap karedok yang tak memakai cabe. Tinggal bilang sama teteh (kakak) yang ada di Warung Inul. 



Karedok - sepintas seperti lotek


    Masih ditambah dengan tahu pepes dan goreng tempe pesanan saya, tapi sebenarnya banyak sekali pilihan makanan di Warung Inul ini. Yang suka ayam goreng atau bakar juga oke. Ayamnya tuh besar banget dan enak. Lezat banget. Kadang saya suka bingung. Pilih ayam goreng atau pepes ikan teri. Saking sedap ayam gorengnya. Tapi saya mikirnya, kalau ayam goreng kan mudah mendapatkannya. Sedangkan yang jual pepes teri tuh jarang. Makanya milih pepes teri. Padahal ayam gorengnya .... mantap ....👍👍

    Duh ikan-ikannya juga gitu. Ada ikan nila, lele, mujair dan ikan mas. Bisa di goreng atau pun di bakar. Sop kaki dan sop iga juga ada. Juga jeroan nya komplit. Gepuk, paru dan dendeng juga bisa menjadi pilihan di Warung Inul. Yang suka asin-asin juga oke loh. Ada asin jambal, cumi, sepat dan asin peda. Aneka tumisnya juga saya suka. Ada tumis kangkung, genjer, selada air, pete jengkol, toge. 

    Minumannya pun ada macam-macam. Ada aneka juice. Ada minuman dingin di lemari pendingin. Tapi saya memilih teh panas manis tanpa gula. Rasanya pas banget panasnya. Diteguk sedikit-sedikit sambil menunggu datangnya pesanan. Buat para pecinta kopi di sana juga ada beberapa pilihan kopi. Lagi-lagi ngopi di sini di Warung Inul ini uenak banget deh. Mungkin hawanya yang sejuk dingin itu yang bikin orang mager.


Banyak pilihan. Bikin bingung.

    Lagi pandemi gini, Warung Inul rame terus. Dari buka jam10.30 s.d malem jam 21.00. Soal enak masakannya, banyak juga kedai dan resto yang menawarkan makanan yang lezaato. Tapi mungkin karena konsep bangunannya yang semi terbuka, membuat orang merasa nyaman di sana. Duduk di sana berasa di alam terbuka. Tapi ya prokes tetap berjalan. 


Suasana yang menyatu dengan alam


     Berada di Warung Inul ini memang khas banget. Warungnya masih  berada  di sebuah lingkungan  
yang banyak pohon. Jadi berada di sana, selesai makan biasanya orang males untuk cepat-cepat pulang. Yang baru pertama kali biasanya foto-foto terutama di wilayah pohon berjajar. Kalo pinter mengambilnya, berasa di mana gitu.  Apalagi jam-jam menjelang magrib, saya sambil nyeruput kopi panas masih sambil menikmati matahari sore yang menghiasi cakrawala senja. Merah ...kuning ...orange .... dan entah apalagi. Semua karya cipta Yang Maha Kuasa. Indah banget.


Jalan masuk Warung Inul

    Akhirnya, perut kenyang. Hati senang. Pada waktunya saya memang harus pulang. Bergegas saya menuju taman parkir yang rimbun, gelap dan lengang itu. Beberapa kendaraan parkir di sini. Pemilik kendaraannya masih asyik menikmati hidangan dari Warung Inul. Sampai jumpa minggu depan di Warung Inul lagi. *** (IS)
    
Lokasi : 
Warung Inul
Komp. Resort Dago Pakar - Arah Hotel Marbella
Telp. 0821 - 1584 4410

Pakar Barat (Samping Taman Hutan Raya)
Telp. 0858 6360 4772

Bandung.








    









No comments:

Post a Comment

Terbayang-bayang Pulau Maratua

Terbayang - bayang Pulau Maratua

Sore hari di Pulau Maratua Dalam trip saya ke Kepulauam Derawan, maka saya singgah di beberapa pulaunya. Di antaranya  pulau Maratua,...

Main Ke Stone Garden