Wednesday, May 29, 2013

Floating Market Lembang



Sejak beberapa bulan lalu, muncul wahana rekreasi baru di Lembang.  Floating Market.  Lantaran  letaknya di Lembang. Maka orang menyebutnya Floating Market Lembang. So pasti, pasar yang satu ini asyik untuk dinikmati.

Floating Market  Lembang alias pasar apung ini, tidak seperti pasar apung yang ada di Kota Banjarmasin. Floating market di sana berada di tepian sungai Barito. Ramainya hanya pagi hari sampai siang gitulah. Pedagangnya juga di dominasi dengan para pedagang buah atau pun sayuran yang menggunakan kapal kecil alias jukung.


Sedangkan Floating Market di Lembang ini beda. Pasar ini berada  di kawasan sebuah danau, Situ Umar namanya. Barang yang mereka jual pun  bukan  buah-buahan dan sayur mayur mayur, tepi justru jajanan  khas Jawa Barat, banyaknya sih jajanan Bandung. Tapi makanan pendukung lainnya juga banyak. Para pedagang makanan ini, mangkal di perahu-perahu dengan dagangan masing-masing.

Trus ada lagi, kegiatan pasar apung di sungai Barito mulainya pagi hari, sejak subuh gitu. Selesainya siang  sekitar jam 11 an. Di Floating Market Lembang, mulai jam 08.00 an dan berakhirnya juga malam hari jam 20.00. Duh, kebayang dinginnya.

Salah satu warung perahu.
Pastinya Floating Market Lembang ini memang  tempat rekreasi yang menarik. Begitu datang, wisatawan langsung disuguhi dengan sebuah pemandangan yang menarik. Danau yang dikelilingi pepohonan dan rumah-rumah ukir berarsitektur Jawa. Rumah-rumah itu adalah resto-resto pilihan. Asyiknya mereka yang makan di situ, bisa sambil makan juga menikmati indahnya pemandangan danau.

Di seputar danau juga ada joglo yang disewa-sewakan. Per 2 jam an. Leyeh-leyeh di sana nikmat sekali. Makanan pilihan juga bisa diantar ke joglo. Wisata Kuliner sambil merasakan sejuknya hawa Lembang, bahkan ada tempat-tempat yang juga sekaligus bisa melihat Gunung Tangkuban Perahu dari kejauhan. Asyik banget deh.

Duduk di tenda warna warni menghadap ke danau, asyik sekaleeee. Gratis lagi.
Buat yang senang menjajal perahu juga bisa. Ada banyak perahu di sana. Asal kuat mendayungnya saja. Perahu cukup aman, lantaran setiap penyewa perahu dilengkapi baju pelampung. Dengan menggunakan perahu ini, wisatawan bisa menjelajah keindahan Floating Market Lembang ini dari sudut mana saja.

Untuk masuk wahana Floating Market Lembang tak mahal. Hanya dengan uang sepuluh ribu saja dan itu pun nantinya diganti dengan segelas minuman pilihan. Mau hot coffee ? Capucino ? Hot tea atau hot milo. Duh, nikmat banget pas hujan-hujan, dingin lagi.

Floating Market Lembang ini merupakan taman rekreasi dan edukasi untuk anak-anak juga. Soalnya di sana ada Kampung Leuit yang berisi sawah, ada angsa-angsa juga kelinci. Uh, ikan-ikan di bawah jembatan bambu juga menyenangkan. Mungkin ada juga yang lain, tapi saya tak sempat melihatnya. Yang mau belajar bermain keramik juga ada di sana. Pastinya Floating Market ini juga tempat yang menyenangkan bagi anak-anak. 

Ada sawah juga lho.


Gemerecik air sungai.
Capek keliling ? Tinggal pilih tenda-tenda bundar yang gratis di tepian danau. Mau  duduk saja di kursi-kursi di dekat perahu-perahu apung yang jual aneka makanan itu juga lebih asyik. Jadi kalau mau menjajal ini dan itu dekat dengan para perahu.  

Jajanan  di Floating Market Lembang ini didominasi penganan kuliner Sunda. Es cincau hijau , es goyobot ada juga es sekoteng bandung. Bajigur yang anget pun ada. Wah itu dia ketan bakar, combro, peuyeum. Batagor, siomay, tahu lembang. Karedok, lotek, wah masih banyak lagi. Pastinya makanan yang terjaja disitu pilihan. Enak semua.


Warung Perahu Es Cincau dan Mie dingin



Es Cincau Hijau Pilihanku. Segernya.
Makanan lain pendudukung kulineran Jawa Barat juga ada. Misalnya sosis bakar, dim sum, bakso baksoan, empek-empek dan masih banyak kulineran Nusantara dari berbagai daerah.  Makanya begitu tiba di pasar jajanannya, saya keliling dulu. Lihat-lihat makanan apa yang mau saya pilih. Waktu itu saya langsung milih es cincau hijau. Juga goreng tahu Lembang. Lucu memang yang satu dingin, satunya lagi panas.


Anak-anak lebih dekat dengan lingkungan.
Kegiatan lain yang sering membuat saya senyam senyum sendiri kalau melihat orang potret memotret. Ada yang minta di foto. Ada yang sibuk motret pacar atau keluarganya. Bahkan juga yang memotret dirinya sendiri. Gaya dan lagu motret diri sendiri ini yang  menarik perhatian saya. Kegiatan itu ya sah-sah saja. Narsis. Tapi hare gene, kalau gak narsis ya salah sendiri.

Hayooook ! Jangan ketinggalan. Letaknya juga nggak susah. Prinsip kalau sudah mau mendekati Lembang lihat-lihat lah petunjuk jalan. Ikuti arah menuju Siti Umar.  Nah, sampai kan ? Gampang kan ? (ira).


Note :
1. Floating Market Lembang terletak di Situ Umar Lembang,
2. Dapat diakses dengan angkutan umum dan kendaraan pribadi,
3. Waktu yang menyenangkan untuk datang ke sana pukul 09.00 an dan sore hari pukul 15.00,
4. Bawa baju hangat, lantaran cuaca sering tidak menentu yang terkadang dingin dan angin.


                                                                      ***








2 comments:

  1. Keren, datang juga ke Punclut ya mba, wisata kuliner

    ReplyDelete
  2. Trima kasih. Saya suka mampir di Punclut. Enak dan murah meriah.

    ReplyDelete

Terbayang-bayang Pulau Maratua

Terbayang - bayang Pulau Maratua

Sore hari di Pulau Maratua Dalam trip saya ke Kepulauam Derawan, maka saya singgah di beberapa pulaunya. Di antaranya  pulau Maratua,...

Main Ke Stone Garden