Saturday, September 5, 2009

Antara Makasar - Tana Toraja

Makasar – Tana Toraja (TATOR) jaraknya 350 km an. Kalau lancar, bisa ditempuh 7 – 8 jam. Kalau banyak brentinya ya bisa lebih. Ini yang bikin orang males ke Tana Toraja. Ngomongnya aja semangat, ke TATOR. Bagian musti pergi, aduuuuh entar dulu deh !










Emang sih TATOR itu jauh. 8 jam masuk ke pedalaman Sulawesi Selatan. Bisa kejadian berangkat pagi nyampainya sore. Tapi sebenarnya perjalanannya itu menyenangkan. Soalnya sepanjang perjalanan ke TATOR itu indah banget pemandangannya. Bisa lihat bukit-bukit, sawah, sungai, daratan rendah yang penuh dengan hamparan batu, perkampungan.



Saya sudah 3 (tiga) kali ke TATOR. Kalau ada yang mengajak untuk jalan kesana lagi, ayo aja. Saya bela-belain bisa jalan bareng menemani teman-teman. Dalam perjalanan saya ke TATOR di Bulan Juli 2009, perjalanan lancar. Jalanan sebenarnya mulus. Hanya ada beberapa bagian yang sedang dalam perbaikan. Tapi yang jelas jalan poros Makasar ke TATOR itu ramai banget.

Saya pernah mengalami perjalananan ke TATOR di akhir tahun 70 an. Jalanan sudah beraspal dan bagus. Tapi masih sepi. Cari perkampungan jauh-jauh. Susah ! Jadi boro-boro cari penduduk, mau cari toilet umum saja gak ada. Apa lagi mo cari jajanan. Ketemu mobil aja jarang banget.

Sekarang sih luar biasa ! Perjalanan yang panjang itu bisa dinikmati dengan cara yang berbeda. Bisa sambil menikmati pemandangan sepanjang jalan. Tapi bisa juga menikmatinya sambil berwisata kuliner.

Eh iya lho, sekarang sih cari jajanan apa saja banyak. Bahkan di pinggir jalan, ada saja yang menarik. Kalau nggak bisa menahan diri, bisa banyakan brentinya daripada jalannya.

Saya sendiri sempat berhenti untuk beli kue dange / surabeng di Pangkep. Trus makan siangnya, makan ikan bakar dengan sambelnya yang mantaaaap di Pare-pare. Satu lagi saya pun sempat beli ikan asin Sunu yang digantung-gantung di tepi jalan. Ini ikan asin yang selalu saya beli, setiap singgah di Makassar. Jadi begitu lihat ikan Sunu, langsung stop.

Tempat pemberhentian lainnya, pas lewat deretan gunung-gunung yang hijau di Kabupaten Enrekang. Gunung-gunung ini amat eksotik. Lantaran ditengah gunung yang berjajar-jajar itu, ada sebuah gunung yang bentuk gunungnya itu katanya sih kayak ‘itunya’ cewek. Hi hi hi …….Masak sih ? Makanya diberi nama Gunung Nona atau Buntu Kabobong.



Gunung Nona

Ngopi di situ, sambil menikmati hawanya yang sejuk dan aroma kopinya, nikmatnyaaaaaa !
Tambah nikmat lagi, kopinya emang kopi Toraja. Diseruput tanpa gula.
Jadi rasa kopinya berasa banget.
Gitu tuh cara nikmat saya menikmati secangkir kopi.

Tanda-tanda masuk TATOR baru nyata ketika melewati jembatan yang ada gerbangnya. Diujung jembatan itu ada sebuah gerbang yang diatasnya diletakkan atap rumah khas Toraja. Sebagai tanda para tamu sudah masuk di wilayah Kabupaten Tana Toraja. Asyiiiiiik ! Padahal ke kota Makale tempat saya menginap masih 1 jam an lagi. Halaaah !

Saya bersyukur, saya pernah melintas di jalan raya Makasar – Makale di TATOR dengan 2 masa. Di jaman masih sepi dan di masa kini yang sudah rame banget. Perjalanan di akhir tahun 70 an jelas lebih ada unsur petualangannya.

Pernah waktu itu, adik saya ingin be’ol. Cari perkampungan gak ketemu-ketemu. Tambah lama kan jadi tambah kebelet tuh ! Waduuuh, gimana nih ? Sementara dia udah makin kebelet. Akhirnya, terpaksa deh buang hajat di kebon orang. Kebayang gak sih ? Ribetnyaaaa ! Jongkok dimana ? Airnya nggak ada. Terus dibersihkannya gimana ? Hmmm, ada yang ngintip nggak ya ? Seruuuu deh ngurus satu orang mo be’ol aja. Heboh banget.



Sekali lagi TATOR memang jauh ! Tapi kalo diniatin, dibikin nikmat, jarak segitu rasanya deket aja sih ! Lagian perjalanan yang relatif jauh itu, langsung tergantikan. Soalnya yang dilihat di TATOR itu banyak sekali. Indah dan menarik.

Nggak bakalan nyesel.
Sekali dateng ke TATOR, pasti ingin balik lagi kesana ! *** (ira).


ikan sunu

russel, ayu, ira (dari kiri ke kanan)

2 comments:

  1. Gunung nona itu namanya Buntu Telle'

    ReplyDelete
  2. Trima kasih atas pencerahannya. Maklum bukan orang sono.

    Trima kasih sudah mampir di blog saya.

    ReplyDelete

Terbayang-bayang Pulau Maratua

Terbayang - bayang Pulau Maratua

Sore hari di Pulau Maratua Dalam trip saya ke Kepulauam Derawan, maka saya singgah di beberapa pulaunya. Di antaranya  pulau Maratua,...

Main Ke Stone Garden