Saturday, April 30, 2011

DANAU KELIMUTU Berganti Rupa

DANAU KELIMUTU berganti rupa

Inilah danau Tiwu Atopolo. Dulu berwarna merah. Sekarang hijau  tosca.

Siapa yang tak mengenal Danau Kelimutu. Danau yang satu ini termasuk salah satu dari 9 keajaiban dunia. Letaknya di Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kabupaten Ende, Kecamatan Kelimutu. Bertahun-tahun untuk mencari kesempatan kesini, nggak sampai-sampai. Alhamdulillah kesampaian juga !



Untuk mencapai danau tersebut, orang dapat melalui kota Maumere atapun kota Ende. Penerbangan dari Jakarta ke Maumere atau pun Ende tidaklah sulit di dapat. Setiap hari ada penerbangan ke sana. Jarak antara Maumere ke Kelimutu sejauh 150 km an. Sedangkan dari Kota Ende ke Kelimutu hanya 51 km. Tinggal pilih mana yang akan dipilih. Pastinya mau dari kota Maumere ataupun kota Ende, perjalanan daratnya sama saja. Jalan berasapal bagus dan penuh kelak kelok.

Cara terbaik untuk bisa menikmati ke 3 danau itu, datanglah pagi-pagi. Siang sedikit, danau itu sudah tertutup kabut. Banyak orang kecewa di sana, karena sudah jauh-jauh, mereka tak dapat melihat danau. Biar leluasa, orang biasanya datang pukul 4 pagi. Soalnya dari jalan trans flores menuju danau, orang harus melewati jalan berkelok, menanjak dengan tepian jurang. Jalannya mulus. Paling lama 30 menit, orang sudah sampai di lapangan parkir. Sesudah itu jalan kaki. Pulang pergi mungkin bisa 3- 4 km gitu.

Danau yang memiliki ketinggian 1.640 meter di atas permukaan laut ini diketemukan pertama kali oleh seorang berkebangsaan Belanda, Van Such Telen. Berkat tulisan Y.Bouman di tahun 1929, pesona danau 3 warna ini semakin meluas dan tersebar ke seantero dunia.

3 danau yang ada ini merupakan kepundan yang terbentuk akibat meletusnya Gunung Kelimutu di tahun 1886. Di masa itu air danaunya berwarna merah, biru dan putih. Tapi pas saya lihat ke sana di bulan April 2011, airnya berubah. 3 warna yang di sebutkan itu tak ada satupun. Yang ada hanyalah warna hitam dan hijau tosca.

Ketiga danau itu seperti ini :
1. Danau tiwu atapolo. Dulu berwarna merah. Sekarang berwarna hijau tosca.
2. Danau tiwu ko’ofai nuwa muri. Dulu berwarna biru. Sekarang berwarna hijau tosca.
3. Danau tiwu ata bupu. Dulu berwarna putih. Serang berwarna hitam.

Unik kan ? Tapi memang inilah salah satu keunikan dari Danau Kelimutu. Sering berganti-ganti warna. Aneh ? Tapi ya itulah kenyataannya. *** (ira)


Sumber data :
Buku Exotic NTT - Gagas Ulung.

3 comments:

  1. Sebelum tulisan ini dimuat, Ibu Ira sudah cerita ke saya ttg danau elok nan menawan ini.. pas saya baca di "mangkuk orat-oret" serasa lagi dengerin Bu Ira bercerita.... swear.... itu yg saya rasakan.... Nuhun ya Bu Ira. Gbu

    ReplyDelete
  2. Bu Lina trima kacsih sudah mampir di blogku. Saya doakan semoga ibu punya kesempatan juga untuk datang kesana. Alam indonesia itu memang menawan buuuuu.

    ReplyDelete
  3. Bu Lina trima kacsih sudah mampir di blogku. Saya doakan semoga ibu punya kesempatan juga untuk datang kesana. Alam indonesia itu memang menawan buuuuu.

    ReplyDelete

Terbayang-bayang Pulau Maratua

Terbayang - bayang Pulau Maratua

Sore hari di Pulau Maratua Dalam trip saya ke Kepulauam Derawan, maka saya singgah di beberapa pulaunya. Di antaranya  pulau Maratua,...

Main Ke Stone Garden