Saturday, January 21, 2012

Sana Sini Gunung Gamalama


Gunung Gamalama dilihat dari Bandara Sultan Babullah - Ternate


Wuiiiiih Gunung Gamalama meletus.
Terkejut juga pas baca Kompas di sekitar tanggal 5 atau 6 Desember 2011 gitu. Rasanya baru kemarin saya menikmati indahnya Gunung Gamalama.


Ya, pada tanggal 30 September 2011 saya sempat melihat Gunung Gamalama yang terletak di pulau Ternate, Propinsi Maluku Utara.

Gimana nggak terkagum-kagum. Soalnya begitu turun di bandara Sultan Babullah di kota Ternate, di hadapan saya berdiri gagah Gunung Gamalama itu. Cantik sekali. Dari bandara, nampak kerucut puncaknya. Ada sisi hijaunya, tapi disebagian puncaknya ada bagian yang kecoklatan, lalu ada bagian hitam yang terbakar dan sedikit kepulan asap. Artistik banget.

Gunung Gamalama dilihat
dari salah satu perkampungan nelayan di
Kota Ternate


Gunung api berketinggian 1715 meter dpl ini, letaknya di Pulau Ternate. Jadi selama berada di Kota Ternatenya, dimana saja saya berdiri, ya si Gamalama itu lah pemandangannya. Keren nggak siiihhh?

Apa lagi kalau kita mengelilingi Pulau Ternate. Naik motor boat 1 jam. Lewat laut. Kalau naik motor perjalanan darat hanya 1,5 jam. Duh, saya sendiri sempat menyusuri pulau lewat jalan darat. Kebayang nggak di sisi kiri adalah gunung Gamalama itu dan di sisi kanannya laut. Dua pemandangan yang berbeda dan dengan pesonanya sendiri.

Pemandangan yang saya lihat di setiap titik ke gunung Gamalama berbeda. Dari arah bandara sudah beda. Di kawasan Batu Hangus lain lagi. Pas di kawasan Danau Tolire, lain lagi. Malahan dari danau ini, gunung Gamalama saya lihat dari hamparan air danau. Refleksi gunung bisa dilihat di air danau. Duh, sampai segitunya saking Gamalama memang bisa dilihat dari mana-mana.

Mana yang paling bagus ? Semua sisi menampilkan keindahan gunung api itu sepanjang tidak tertutup awan.



Gunung Gamalama
di lihat dari alun-alun Kedaton Sultan Ternate
( kedaton - rumah beratap hijau)
Inilah sedikit kenangan saya pas di Kota Ternate. Kemana saja mata memandang ya si Gamalama itulah yang hadir. Soalnya Pulau Ternate itu ya gunung itu sendiri. Ya Gunung Gamalama. Jadi sepanjang saya berada di kota Ternatenya atawa pas keliling pulau Ternate, ternyata semua aktivitas itu berada di kaki gunung Gamalama.

Hm ….... Gamalama memang fantastic ! *** (ira)..


No comments:

Post a Comment

Terbayang-bayang Pulau Maratua

Terbayang - bayang Pulau Maratua

Sore hari di Pulau Maratua Dalam trip saya ke Kepulauam Derawan, maka saya singgah di beberapa pulaunya. Di antaranya  pulau Maratua,...

Main Ke Stone Garden