Sunday, February 5, 2012

Resort di tengah Hutan

Salah satu villa tempat saya menginap

Di pulau Waigeo, tepatnya di kota Waisai, ada beberapa penginapan. Harganya, banyak pilihan. Tinggal memilih sendiri, sesuai kantong. Kami menginap di Waiwo Resort. Dari Waisai jauhnya 20 menitan gitu. Lewat hutan dengan jalan naik turun dan berkelok. Jadi pas bus berhenti ditengah hutan, bingunglah kami.

Rupanya sudah sampai di Waiwo. Halah , mana menyangka, wong masuknya ke resort tersebut, hanya ditandai dengan pagar berduri. Trus melalui jalan setapak yang diatasnya rimbun tertutup pohon-pohon tinggi. Ya mana menyangka bahwa ditengah hutan ini ternyata tersembunyi sebuah resort. Setelah sehari di sana saya juga jadi mengenal, seandainya tamu datangnya dari pantai, resort ini juga tak nampak. Terlindungi oleh pohon-pohon yang berada di tepi pantai. Tapi dengan adanya dermaga-dermaga kecil, orang tahu, bahwa di sana ada penginapan. Gitu aja cirinya.

Pemandangan dari dermaga.
Resortnya nggak kelihatan dari Luar

Bungalow yang ada di sana dari kayu, menyesuaikan dengan situasinya yang masih asri. Satu kamar ber 4. Kamarnya ber AC. Tapi pas pagi hari lampu mati. Rupanya di sana masih memakai diesel. Duh alhamdulillah, baterai camera dan hape semua sudah di charge. Kalau belum kan cilaka. Soalnya kalau sinyal hape di sana oke banget. Jadi sedikit-sedikit masih bisa berkomunikasi dengan keluarga. Pastinya yang muncul sinyal TELKOMSEL. Deeuuh !

Setiap tamu memberi makan ikan

Malam harinya seru lho ! Bener-bener di hutan aja. Suara-suara aneh jadi satu. Ya suara deburan ombak. Suara angin. Suara binatang-binatang malam. Jujur aja rada serem. Udah begitu saya dapet kamar paling pojok deket dermaga. Mana aku lihat temen-temen sekamarku udah pules tidurnya. Ngeliat keluar kamar gelap, dengan suaranya yang bikin takut. Duh, tau gitu kan tadi buruan tidurnya. Langsung deh saya pasang selimut sampai nutupin kepala. Lalu mata dipejam-pejamkan. Konsentrasi ke satu titik. Selanjutnya, ngimpi deh !

Ada beberapa resort di pulau Waigeo ini. Semua resort melayani all inn. Termasuk melayani untuk divingnya. Ya menyediakan kapalnya. Perlengkapan diving. Master dive nya yang akan menemani para tamu. Pastinya para master dive nya ini ya memang sudah jago-jago. Mereka tahu banget titik penyelaman yang indah. Jadi bersama mereka, kita-kita aman. *** (ira)