Saturday, September 28, 2013

Lumbung Padi Baduy yang Penuh Makna

Sekumpulan lumbung padi di Baduy Luar
Perjalanan dari Baduy Luar menuju Baduy Dalam atau sebaliknya itu menarik. Soalnya ber variasi. Lewat hutan, jalan tanah yang agak lebar, jalan setapak berbatu. Kadang naik, kadang menurun. Kadang bagai hutan, kadang di alam terbuka yang menyengat terik mataharinya.



Belum lewat jembatan kayunya. Bisa juga lewat batu-batu yang ada di sungai, alias nyeberang sungai tanpa jembatan. Trus diiringin gemericiknya suara air sungai. Gemerisiknya suara daun bambu yang tertiup angin. Atau suara binatang yang jarang terdengar. Aneh. Kadang bikin bulu kuduk berdiri. Seruuuu deh.

Pas melewati rumah-rumah kecil dari kayu dan bambu yang berpanggung, langsung deh lega. Tanda – tandanya sudah mau sampai nih, pikir saya. Ternyata saya salah duga. Rumah rumah panggung mungil itu  adalah Leuit (lumbung padi).  

“ Ohhhh !”, saya mengangguk-angguk bengong.                                                                                            Tambah bengong lagi ketika ujang penunjuk jalan bilang, kalau lumbung padi itu letaknya tidak pernah dekat dengan rumah pemilik lumbung padi itu. Maksudnya menghindari bahaya kebakaran misalnya. Jadi apabila terjadi kebakaran kampung, maka lumbung padi ini terselamatkan. Paling tidak mereka masih punya persediaan makanan.

“ Jadi masih jauh dong kampungnya ? “, tanya saya lagi.  Si ujang diam saja sambil tersenyum. tersenyum.     “Kalau gitu Cibeo masih jauh ya?” tanya saya lagi.                                                                           Senyuman dan padangan matanya mengisyaratkan bahwa perjalanannya masih jauh.                          Hadeuhhh !                       

Biasanya kumpulan lumbung padi terletak di tepi jalan yang kami lalui.

Di Baduy, pada dasarnya setiap keluarga wajib memiliki lumbung padi. Lumbung ini diisi dari hasil panen yang mereka sisihkan disaat panenan.  Jadi isi lumbung padi ini jelas tidak untuk keperluan sehari-hari. Bila diperlukan sekali, baru deh di bongkar. Misalnya pas musim paceklik, bila ada yang sedang sakit, untuk syukuran dan berbagai keperluan khusus lainnya.

Lantaran tidak untuk sehari-hari, maka wajar saja bila dalam lumbung ini terdapat beras yang usianya sudah puluhan tahun. Makanya tak sembarang padi yang mereka tanam. Mereka punya spesifikasi khusus untuk bibit padinya. Padi standart Baduy ya pastinya padi yang bisa awet bertahun-tahun di simpan di lumbung.

Saya masih berdiri di antara leuit-leuit  yang bergerombol di satu tempat di luar kampung Baduy. Bangunannya nampak kuat. Bahannya  sederhana, terbuat dari kayu dan anyaman pandan atau bambu. Nggak ada paku-paku. Yang saya lihat hanya tali-tali dan pasak saja yang digunakan. Tangan saya lalu memukul-mukul kayu di pojok leuit itu. Kuat banget.

Trus, aman nggak ya ?                                                                                                                              
Ternyata, meski letaknya jauh dari empunya, leuit-leuit ini, aman-aman saja.                                                  Dari dulu sampai sekarang, belum pernah ada yang laporan kehilangan beras atau berasnya berkurang . Saya
hanya bisa manggut-manggut, sambil berpikir, mungkin itulah sebabnya mereka tak mau untuk berkenalan dengan teknologi canggih.                                                                                                    

Kebersahajaan, membuat mereka hidup tenang dan damai.  *** (ira)
            






2 comments:

  1. Kearifan lokal seperti ini seharusnya dapat diterapkan di negeri kita ini ya, biar ga pada ngimpor mulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali. Sayangnya, kepentingan pribadiamat mendominasi, sehingga lupa pada kepentingan orang banyak. Padahal apa yang diimport itu, semuanya berlimpah dinegeri ini.

      Delete

Terbayang-bayang Pulau Maratua

Terbayang - bayang Pulau Maratua

Sore hari di Pulau Maratua Dalam trip saya ke Kepulauam Derawan, maka saya singgah di beberapa pulaunya. Di antaranya  pulau Maratua,...

Main Ke Stone Garden