Saturday, September 13, 2014

Pulau Gusung, Si Mungil dari Derawan


Pulau Gusung. Mungil. Berpasir Putih.
Dalam perjalanan dari Pulau Sangalaki pulang ke Pulau Derawan, saya dan teman-teman mampir di Pulau Gusung. Pulau kecil yang berada di Kepulauan Derawan – Kalimantan Timur ini unik banget. Pulaunya nggak ada apa-apanya. Nggak ada rumah atau pun penduduk yang tinggal di situ. Tanaman apa pun. Jadi kosong dan hanya berupa pasir putih.

Herannya pulau ini seolah memiliki magnet yang begitu kuat. Sehingga wisatawan yang lalu lalang antara Pulau Sangalaki dan Derawan, pasti mampir. Herannya lagi, pada betah semuanya di pulau yang bisa bikin kulit gosong itu.

Sudut lain Pulau Gusung
Menikmati Alam. Foto : Sayf - Travelmate Indonesia


Saya jadi teringat sewaktu di Pulau Pahawang di Sumatera tepatnya menjadi bagian dari Propinsi Lampung. Waktu itu saya dan teman-teman juga mampir di pulau yang kosong gitu. Hanya ada pasir putih di situ. 

Memang pulau-pulau semacam ini banyak sekali di negeri kita. Ciri-cirinya pulau ini akan tampak datar dipermukaan dan nampak sebagai pulau pada saat air sedang surut. Tapi begitu air pasang, pulau ini tak kelihatan lagi.

Karena keberadaan pulau ini sangat tergantung dengan alam, maka bisa dibayangkan bahwa ketika air sedang surut,  air yang tadinya tinggi merendam pulau itu, perlahan-lahan surut pula. Saat surut ini, biasanya meninggalkan alam yang luar biasa indahnya. Tepian pantainya bagai ukiran alam yang bentuknya antara hari ini dan esok tidak sama. Demikian juga di bagian tengah-tengahnya yang menampakkan guratan dan pecahan pecahan pasirnya yang alami. Keren sekaleeee. Ini memang bagian keindahan dari si Pulau Gusung. Bagian kekayaan dari Kepulauan Derawan juga.


Teguh & Fauziah. Wedew ! Fotografernya lebih bergaya.

Iniz dan Sarah. Wouwww !
Foto : Sayf Travelmate Indonesia

Oleh para traveler yang sedang melakukan trip di sekitar Kepulauan Derawan, tempat ini masih bisa di jadikan tempat bermain dan tempat beristirahat. Ada yang trus berenang. Main pasir. Jalan-jalan di pantai di pulau yang super mungil. Biasanya juga untuk ajang berfoto ria. Begitu turun dari kapal, para wisatawan sudah sibuk sendiri-sendiri dengan kameranya.

“ Fotoin dong !” begitu saya meminta pada Tides dari Travelmate Indonesia.
Tides lalu dengan lincah mengarahkan kameranya pada saya yang sudah bergaya tiduran di pasir.
“Keren nggak ?”, saya mengkonfirmasi hasilnya.
“Wouw, sip sip keren banget”, ungkap Tides sambil melihat hasilnya.

Fotoin Dong  

Mbak Willy & Russel. Para emaks gak kalah gaya.

Bersama para sahabat. Mbak Willy  (kiri), Russel (tengah), Reny (kanan)
Foto : Sayf - Travelmate Indonesia

Gitu deh ! Saling memotret atau foto grup itu sudah biasa. Yang tidak biasa, kadang pelancong  menampilkan gaya yang lucu-lucu dan memancing tawa. Ada yang bergaya dengan kaca mata hitamnya, dengan topinya. Dengan gerakannya, bahkan sekarang banyak yang sibuk dengn dirinya sendiri. Sibuk memotret dirinya sendiri, baik dengan tongsis maupun tripod.

Hawa yang panas nggak ngaruh. Panas yang menyengat bikin kulit gosong juga tak masalah.  Semua asyik dengan gayanya dan riuh tawa. Buktinya kalau nggak digiring ke kapal, semua masih bertahan di pulau Gusung itu. Padahal, detik itu pulau mungil ini sebenarnya juga sudah semakin mungil. Air sudah meninggi. Sebentar lagi pulaunya sudah tenggelam. Sebentar lagi pulaunya sudah tak terlihat lagi.


Satu - Dua - Loncaaaaat !
Foto : Sayf - Travelmate Indonesia
Ketika suara kapal menderu, kutinggalkan pulau itu !  Pulau itu bakalan hilang sementara. Tapiiii kisah dan aksi di pulau itu tak pernah hilang. Seperti sore itu, saat kapal mulai menjauh, kami pun satu persatu melihat aksi dan tingkah kami di kamera. Sambil saling pamer foto. Sambil senyum sendiri atau tertawa bersama. Geli melihat aksi di kamera masing-masing.


Niat banget ! Yang motret dan yang dipotret.
Foto : Sayf Travelmate Indonesia

Ah, serunya ! Gusung, si cantik di  Derawan. Pastinya aku ingat kamu selalu. Meski suatu saat kalau saya ke sana lagi, mungkin tak jumpa lagi denganmu.Mungkin kamu pas lagi tenggelam.  Gusung, si pulau pasir putih yang dikelilingi hamparan laut biru. Gusung, si mungil dari Derawan. *** (ira).


No comments:

Post a Comment

Terbayang-bayang Pulau Maratua

Terbayang - bayang Pulau Maratua

Sore hari di Pulau Maratua Dalam trip saya ke Kepulauam Derawan, maka saya singgah di beberapa pulaunya. Di antaranya  pulau Maratua,...

Main Ke Stone Garden