Monday, September 4, 2017

Jelajah China Town




Satu lagi tempat rekreasi muncul di Bandung. China Town Bandung. Lokasinya terletak di Jalan Kelenteng No 41 Bandung.




Sebenarnya dari dulu, saya sudah lama mengenal yang namanya jalan klenteng itu ya China Town. Soalnya selain di jalan itu ada klentengnya, di sana juga banyak toko-toko kuno ala China dengan gaya dagang yang khas negeri tirai bambu.

Makan di bawah lampu dan bintang-bintang di langit

Lalu apa bedanya dengan China Town yang lagi hits ini?

Jadi China Town Bandung ini sebenarnya merupakan kreativitas segelintir orang-orang saja. Mereka bisa menyulap sebuah lokasi di Jl Klenteng no 41 itu menjadi sebuah tempat yang bergaya China. Kontan saja, orang datang semua ke sana.

Lokasinya memang di sebuah lokasi tertutup. Jadi untuk masuk saja, para tamu harus beli tiket. Rp 10.000,- per orang dan Rp 20.000,- di hari libur. Jadi biar pun ngomel-ngomel, orang tetap aja beli tiket lantaran penasaran.

                 “ Bandung ini ada-ada aja. Dimana-mana juga masuk ke China Town gak mbayar.” Begitu komentar seorang teman sambil ketawa-tawa.
                
Seperti  juga saya, lha wong sudah di kawasan itu, masak sih nggak jadi masuk hanya gara-gara tiket?


Salah satu dekorasi di sebuah sudut toko
Mural 
Ternyata begitu masuk, lokasinya memang menarik sekali. Lokasi tertutup itu di dandani  menyerupai Hongkong. Dimana-mana tulisan kanji tertempel dan tergantung. Mural-mural. Benda-benda yang dipajang di depan toko pun lucu-lucu. Banyak benda kuno. Meski kadang tidak nyambung.  Misalnya di depan sebuah kios makanan ada geblek kasur rotan. Saya pun baru sadar ketika seorang teman berkomentar lantaran melihat foto itu terpajang di FB.

Suasana di warung-warung makan
Orang juga semakin banyak yang datang, lantaran foto-foto yang di uploud di media sosial begitu heboh.  Modelnya cantik-cantik. Back groundnya yang khas negeri Tiongkok itu semakin membuat orang ingin datang  ke sana.  
               
Untuk datang ke sana memang tergantung selera dan sesempatnya orang. Saya datang malam hari. Jadi  semeriwing dinginnya Bandung masih terasa.  Suasana malam yang berhiaskan kerlap kerlipnya lampu juga semakin indah.  Tapi teman saya yang datang siang hari bilang, kalau siang panas.  Mungkin datang di sore hari lebih enak ya. Tak panas, tapi masih terang.




Kalau mau dateng, perhatikan jam bukanya. Jangan sudah jauh-jauh tutup. Soalnya tidak setiap hari bukanya. Ini ada jadwal jam buka China Town Bandung.  Minggu – Selasa dari jam 12.00 – 22.00. Sedangkan  Jum’at – Sabtu : 12.00 – 24.00. Jadi Hari Rabu dan Kamis, tutup.

Namanya juga tempat baru. Jadi orang yang datang seakan lebih tertarik untuk berfoto-foto ketimbang belanja atau pun kulineran.  Bisa dilihat, hampir di setiap sisi itu ada saja orang yang sedang berkegiatan foto memoto.  Seperti juga saya yang hobby photo.
               



Lagi asyik-asyiknya motret, tiba-tiba saya sudah didatangi teman yang mengajak pulang. Maklumlah, kami memang baru saja main dari Ciwidey. Jadi datang ke sana menggunakan kendaraan elf dan kendaraan juga tidak dapat parkir. Sehingga kendaraan sudah beberapa kali berputar dan sekarang sudah menunggu di depan.
               

Okey deh. Buat saya malam itu, sudah berterima kasih banget lantaran para ibu yang teman-temanku itu sudah mau mampir di China Town Bandung. Rasa penasaran untuk melihat China Town sudah terpenuhi. Besok saya bakalan datang lagi untuk kulineran! *** Ira
               
               


4 comments:

  1. china town di wisata bandung emang rekomended nih buat liburan akhir tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekaleee. Banyak yang bisa dieksplor kalo punya banyak waktu.

      Delete
  2. keren banget kak tempatnya, bisa buat spot foto yang bagus tuh hehehehhe



    kak mampir yuk ke blog http://nuvaderma.com/blog

    ReplyDelete

Terbayang-bayang Pulau Maratua

Terbayang - bayang Pulau Maratua

Sore hari di Pulau Maratua Dalam trip saya ke Kepulauam Derawan, maka saya singgah di beberapa pulaunya. Di antaranya  pulau Maratua,...

Main Ke Stone Garden