Monday, November 21, 2011

BANYAK TIFA DI SORONG

Kota Sorong terletak di bagian kepala burung pulau Papua. Secara administratif masuk di Propinsi Papua Barat. Kota yang satu ini bukanlah ibukota propinsi. Tapi semakin hari semakin ramai dikujungi orang. Letaknya yang strategis, membuat orang mau tidak mau mampir di Kota Sorang sebelum menuju ke Raja Ampat.

Sebuah tifa yang menghiasi kota Sorong


Berada di kota itu, saya sempatkan keliling kota. Banyak yang saya lihat pantai, pasar, ruko, sekolahan, kompleks kantor walikota, gereja, mesjid dll. Tapi yang paling menarik, ternyata di sana banyak tifa. Tifa adalah alat seni tetabuhan yang digunakan masyarakat Papua. Tifa-tifa ini banyak digunakan dalam bangunan-bangunan. Seperti semua tiang penyangga terminal angkot yang menggunakan tifa. Tifa itu dihias dengan ukiran khas Papua juga. Yuk deh ikuti melihat tifa-tifa lainnya.

Terminal angkot dengan 4 tiang penyangga dengan bentuk tifa.

Papan Tulisan Kantor Telkom Sorong juga disangga oleh tiang berbentuk Tifa.


Tifa bertengger di tembok pintu pagar Bank Papua di Sorong.

Inilah beberapa contoh alat tabuh tradisional Papua yang dibudayakan / diangkat melalui bangunan-bangunan yang ada di Sorong. Jadi kalau di Padang misalnya, kita akan melihat atap rumah itu pasti atau bagonjong ( yang seperti tanduk kerbau ), maka di Sorong apa pun bangunannya pasti ada Tifa. Sungguh sebuah upaya yang menarik. *** (ira)



No comments:

Post a Comment

Terbayang-bayang Pulau Maratua

Terbayang - bayang Pulau Maratua

Sore hari di Pulau Maratua Dalam trip saya ke Kepulauam Derawan, maka saya singgah di beberapa pulaunya. Di antaranya  pulau Maratua,...

Main Ke Stone Garden