Saturday, November 19, 2011

INFO dari Sebuah T Shirt




Saya baru saja membaca artikel “Garis Khayal Khatulistiwa Bonjol “ dari Blog Jejaka Petualang. Sebuah tulisan yang menarik untuk dibaca lantaran saya juga pernah ke kota Bonjol dengan teman-teman di tahun 2003. Kota Bonjol yang di lalui Garis Khatulistiwa ini, saya kunjungi dalam perjalanan saya dan teman-teman dari Bukit Tinggi ke Medan.



Dalam artikel ini di jelaskan bahwa Gedung Bundar yang ada di lokasi lintasan khatulistiwa itu, tidak terurus dan tidak ada apa-apanya. Ini merupakan hasil kunjungan si mas Jejaka Petualangan di tahun 2011. Saya jadi sedih banget membacanya. Soalnya di jaman tahun 2003 saya kesana, saya memang sudah kecewa berat. Itu juga tidak ada apa-apanya. Jadi waktu itu yang gagah di gerbang yang bertuliskan, “ Anda melintasi Khatulistiwa “. Trus gedung megah biru yang masih baru.

Jadi kalau sekian tahun tak ada apa-apanya ? Untuk apa ya gedung ini di bangun ? Berarti memang gedung ini tak ada yang mengelola. Tak ada yang memikirkan. Kalau ada yang memikirkan, pasti akan adalah sedikit demi sedikit materi yang masuk di ruang pamer. Di cicil. Tahun ini masuk info ini. Tahun berikutnya masuk itu. Lama-lama penuh. Bisa juga pengelola melakukan studi banding ke museum-museum, sehingga terinspirasi untuk mengisi ruang pamernya.

Untuk dananya, bisa dong kerjasama dengan sekolah-sekolah. Jadi setiap saat bisa didatangi ribuan anak sekolah. Menarik karcis juga nggak malu, wong museumnya ada isinya.

Saya justru mendapatkan gambaran tentang garis khatulistiwa ini dari sebuah T Shirt yang dijual seharga Rp 25.000,- sebagai souvenir. Di situ tertera :

Bagian depan T Shirt itu bergambar bola dunia tentu dengan garis khatulistiwanya. Tulisannya : I crossed The Equator – Bonjol Sumatera Utara.

Bagian belakangnya, ada sebuah gambar peta dunia dan Indonesia ada di dalammnya. Lalu ada sebuah garis yang melintas ya itulah Garis Khatulistiwa. Di atas tertulis : Indonesia Archipelago and the world. Di bawah gambar tertulis : Saya Melintasi Khatulistiwa – West Sumatera Indonesia.
Jadi lumayan jelaslah bentangan dunia, dengan garis khatulistiwa yang melintang di negara mana saja. Dari gambar itu terlihat bahwa kebanyakan garis khatulistiwa melintas di lautan.
Itulah penjelasan dari sebuah T Shirt. Penjelasan lainnya tak ada. Guide juga nggak ada.

Sebagai gambaran, selain kota Bonjol di Sumatera Barat, kota lain yang juga dilewati garis khatulistiwa adalah Halmahera dengan pulau-pulau kecil di sekitarnya, Lingga dan pulau kecil lain dekat Sumatera, Pini – pulau kecil dekat Sumatera, Pontianak di Kalimantan Barat dan Sulawesi.

Di atas adalah kota-kota di Indonesia yang dilewati garis khatulistiwa. Sedangkan negara lain yang juga dilewati adalah Brasil, Ekuador, Gabon, Kepulauan Galapagos, Pulau Gilbert, Kenya, Kolombia, Republik Kongo, Republik Demokratik Kongo, Kepulauan Line, Maladewa, Pulau Phoenix, Sao Tome dan Prince – melalui Pulau Ilheu das Rolas, Somalia dan Uganda.

Dalam geografi, ekuator atau garis khatulistiwa adalah sebuah garis imajinasi yang digambar ditengah-tengah planet diantara 2 kutub dan paralel terhadap poros rotasi planet. Garis khatulistiwa ini membagi Bumi menjadi 2 bagian belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Garis lintang ekuator adalah 0 derajat. Panjang Bumi adalah sekitar 40.070 Km.

Di khatulistiwa, matahari berada tepat di atas kepala pada tengah hari dalam equinox ( waktu matahari lewat khatulistiwa). Dan panjang siang hari sama sepanjang tahun kira-kira 12 jam.

Antara equinox Maret dan September, latitud bagian utara Bumi menuju matahari yang dikenal sebagai Tropik Cancer, bagian bumi paling utara dimana matahari dapat berada tepat di atas kepala. Bagian selatan bumi terjadi antara equinox bulan September dan Maret dinamakan Tropik Capricorn.

Inilah sedikit gambaran tentang kondisi lintasan garis khatulistiwa di Bonjol Barat. Saya tidak bisa membandingkan dengan lainnya, karena saya belum pernah mampir di lintasan lainnya, seperti misalnya ke Pontianak. Tapi suatu saat saya pasti mampair di Pontianak atau lokasi lainnya. Mungkin di negeri dewek, mungkin juga di negeri orang. *** (ira)

Sumber info khatulistiwa : wikipedia.

No comments:

Post a Comment

Terbayang-bayang Pulau Maratua

Terbayang - bayang Pulau Maratua

Sore hari di Pulau Maratua Dalam trip saya ke Kepulauam Derawan, maka saya singgah di beberapa pulaunya. Di antaranya  pulau Maratua,...

Main Ke Stone Garden