Wednesday, December 21, 2011

WISATA KULINER DI BELITONG

Kepiting Isis

Sewaktu mau berangkat ke Tanjung Pandan di Pulau Belitung, seorang temanku bilang : “Ah, makan di sana nggak ada yang enak. Soalnya di sana gersang, semua bumbu di kirim dari Jawa”. Dalam hatiku, pantesan, kok nggak ada yang pernah cerita makanan ya kalau dari Belitong. Semua cerita pantai. Barangkali soal wisata kuliner ini bener juga.

Di Pulau Belitung, saya menginap di Kota Tanjung Pandan. Hotelnya juga di kota itu, hotel Billiton. Malam itu saya dan teman-teman sengaja tidak ingin makan di hotel. Tapiiii kami ingin makan di luar. Kami ingin makan, makanan khas Belitong.

Mengikuti City Map of Tanjung Pandan yang kami dapat dari hotel, kami menemukan Rumah Makan Pribumi. Restaurant ini terletak di Jalan MT. Haryono No. 21. Tanjung Pandan. Hanya 10 menit berjalan kaki. Nggak salah deh memilih hotel di kota, jadi bisa jalan-jalan malam. Wisata kuliner juga cari oleh-oleh. Pagi hari jalan kaki ke pantai Tanjung Pendam.

Saya dan teman-teman saat makan bareng
Sampai di sana, kami mulai dihidangkan berbagai makanan yang ada. Penyuguhannya ala rumah makan padang. Kami tinggal memilih makanan dan lauk pauk yang dihidangkan. Nasi putih, sayur singkong, telur, gangan kepala ikan, kepiting isi, kepiting orak arik telur, sambel goreng udang dan masih ada beberapa lagi yang saya tidak hafal namanya.

Pertama-tama saya mengambil lauk Gangan Ikan.
 Uuuhhhh ! Yummy !
Saya lalu mencoba orak arik telur dan kepiting.
 Hadeuuuuh ! Lekker pisan !
Trus sambel goreng udangnya.
 Lagi-lagi hokeh banget.
Terakhir saya ambil kepiting isi.
 Rasanya, mantaaaaaaf.

Teman-teman saya juga bilang, ternyata memang ueenak semua.
Harganya ? Nggak mahal kok, relatif  terjangkau.

Pastinya malam itu kami makan dengan nikmat sekali. Hidangan khas Belitung.
Yang mau coba, silahkan !
 Asli.
 Rasanya Belitong banget. *** (ira)