Wednesday, March 31, 2010

PATUNG Lilin Museum Tussaud London

Deretan Keluarga Kerajaan Inggris

Akhirnya kesampaian juga masuk di Museum Patung Lilin London. Sudah lama saya tertarik dengan Museum Madame Tusaud ini. Soalnya di dalamnya berisi patung-patung orang. Pastinya ya orang-orang yang beken. Mulai dari keluarga kerajaan, tokoh-tokoh kriminal yang tenar, tokoh-tokoh sejarah, bintang film, atlit, presiden berbagai negara.



Museum yang sudah berdiri 200 tahun ini, awalnya hanya ada di London. Didirikan oleh seorang pematung lilin Marie Tussaud. Dalam perkembangannya, museum yang berisi kurang lebih 300 patung ini, banyak dikunjungi orang. Setahun ditaksir 2,5 juta an orang datang kesana.

Itu sebabnya, museum serupa didirikan di beberapa negara lainnya, seperti di Amsterdam, Las Vegas, New York City, Hongkong, Shanghai, Hollywood-Los Angeles dan Washington DC. Di London, museum ini berlokasi di Marylebone Road, Paddington, NW 1 5020, London.


Suasana di museum ini amat berbeda dengan museum lainnya. Di museum lainnya biasanya lebih tenang suasananya. Sekali-kali pengunjung berpose dengan benda-benda museum. Kalau pun ia jeprat-jepret foto, biasanya memang memotret benda yang memang penting baginya. Mungkin memang benda yang kuno, aneh atau untuk diteliti dan dan dan banyak lagi.




Ditengah-tengah orang ngetop : The Beatles


Tapi di museum Madame Tussaud ini, waduuuh, orang sibuk semua. Sibuk mencari idola-idolanya. Sibuk jeprat-jepret dengan para dambaan hatinya. Siapa yang nggak ingin coba, berfoto dengan tokoh terkenal. Para celebriti atau presiden dari berbagai negara. Patung-patung itu, mirip banget. Nggak kelihatan bedanya antara patung dan aslinya.

Lucu-lucu juga sikap pengunjung dalam ber gaya di depan kamera. Ada yang menggandeng patung. Ada yang seolah-olah mencium patung. Memeluk patung. Kan gaya banget misalnya saya berada ditengah-tengah keluarga kerajaan Inggris. Atau berada di sebelahnya orang beken macam the Beatles.

Bersama PM Pakistan - Benasir Bhuto dan
PM India Indhira Gandhi



Jadi setiap tahunnnya selalu saja ada tokoh atau orang beken yang baru sesuai jamannya. Jadi seandainya sekarang disana ada Presiden Obama, maka pas di tahun 1997 saat saya kesana, patung presiden ini ya belum ada.

Museum ini pernah terbakar di tahun 1925. Untungnya cetakan-cetakan patung itu masih terselamatkan. Jadi patung-patung ini dapat dibuat lagi. Bahkan cetakan dari patung tertua pun masih ada di sini. Patung tertua ( pertama dibuat) di tahun 1765, adalah Marie-Jeane du Barry, selir Raja Louis XV dari Perancis. Patung itu dibuat oleh Dr. Phillippe Curtius, seorang dokter yang ahli dalam pembuatan patung lilin. Padanya Marie Tussaud berguru.


Kapan lagi coba, foto bersama dengan tokoh-tokoh dunia. Nggak kelihatan kan kalau mereka itu patung semua ?

Masuk ke museum yang satu ini, jangan lupa membawa kamera. Tapi yang terpenting musti sabar kalau harus antri masuk. Antriannya biasanya lumayan panjang dan bikin orang putus asa untuk segera menjauh. Trus nggak jadi masuk museum. Jalan di museum ini, nggak ada ruginya. Amat menarik, menyenangkan dan keren banget !*** (ira).

No comments:

Post a Comment

Terbayang-bayang Pulau Maratua

Terbayang - bayang Pulau Maratua

Sore hari di Pulau Maratua Dalam trip saya ke Kepulauam Derawan, maka saya singgah di beberapa pulaunya. Di antaranya  pulau Maratua,...

Main Ke Stone Garden