Tuesday, March 16, 2010

DURIAN UCOK uwenaaaak tenan

Pernah denger durian Montong ? Duren Bangkok ? Duren Petruk ?
Nach ini satu lagi Duren Ucok !

Jadi yang namanya Duren Ucok ini, sebenarnya ya buah durian biasa. Durian yang sering dimakan kita. Bukan singkatan dari duda keren. Hanya yang jual ini namanya Ucok. Bang Ucok demikian saya memanggilnya. Jadi kalau mau tanya dimana tempatnya, ya di Medan lah !

Kios Ucok ditepi jalan
Durian Ucok sebenarnya juga sama dengan penjual durian yang lain. Sama-sama jualan di trotoar. Di emperan toko. Kalau malam toko-toko nya tutup. Lantas diemperan toko ini diletakkan kursi dan meja untuk duduk para tamu. Di situlah tamu-tamu menikmati suguhan duren.

Herannya, Duren Ucok ini penuh terus. Pada saat penjual durian lainnya sepi pembeli, maka Bang Ucok ini banyak tamunya. Herannya lagi, durian Bang ucok juga banyaaak terus. Tak kenal musim. Katanya lagi tak musim durian. Tapi durian Bang Ucok ini banyak terus. “Durian ini memang kiriman dari hutan-hutan di seputar Medan”, begitu ungkapnya singkat.

Sebenernya saya juga tak tahu pasti berapa harga duriannya. Terkadang harganya sudah murah. Kapan-kapan datang kesana bisa super murah rah rah. Misalnya 1 durian bisa Rp 5000,- (lima ribu rupiah). Sudah murah, manis-manis lagi.

Satu lagi yang bikin orang seneng. Kalau pas yang dimakan tak kebetulan, tinggal lapor aja. Misalnya duriannya kemudaan, busuk atau isinya kosong. Langsung deh kita dapet penggantian duren. Gratis lagi. He he he – dasar OGI, ogah rugiiiii !

Ini dia Bang Ucok
Melayani sendiri para pelanggan
Durian Ucok ini memang uwenaaak. Apalagi kalau yang warnanya agak kekuning-kuningan, wachhhhh mantaaaap. Tapi yang mungkin orang suka, Bang Ucok itu melayani sendiri para tamu-tamunya. Dia pilihkan yang enak. Dia pilihkan yang besar, sedang atau kecil.

Makanya tamu-tamu yang dateng kesitu biasanya terus berlanjut. Tamu luar kota misalnya, udah nikmat bisa makan durian enak., biasanya ketagihan. Buntut-buntutnya dia pesen durian untuk dibawa pulang. Oleh-oleh untuk keluarga.


Pengepakan duriannya bagus. Durian dimasukkan boks plastik. Trus dibungkus rapat. Pake kopi. Dimasukkan lagi dalam karton, pokoknya singset deh. Apalagi sekarang membawa lewat bandara gampang banget. Asalkan masuk bagasi, aman-aman saja tuh ! Kita tinggal pilih mau boks seharga Rp 100.000,- atau Rp 150.000,- atau Rp 200.000,-. Tinggal pilih sendiri mau yang sebanyak apa.



Saya ? So pasti dong nggak mau ketinggalan. Setiap pulang dari Medan, pesen 1 boks untuk orang-orang rumah di Bandung. Semua suka duren ! *** (ira).

4 comments:

  1. tes...tes...tes, air liurpun menetes lihat gambar & tulisan Bu Ira.... serasa lagi baca majalah TRUBUS... gambar & tulisannya oke banget... jurnalistik banget pokoknya. Hmmmm... waktu masih di IM Telkom (STMB) dulu, mahasiswa2 yg pulang ke medan biasanya suka bawain oleh2 durian Ucok utk saya... hmmmm enaaaaakkkkk... jadi kangen.

    ReplyDelete
  2. Kalau ibu suka duren medan, Insya Allah kalau saya ke Medan, saya bawakan. Soalnya saya suka membawanya. Nanti ya kalau ke Medan lagi.

    ReplyDelete
  3. duren medan mantap...enak tenan...


    http://baguspedia.com/senangpoker-com-agen-judi-poker-online-terpercaya-indonesia/

    ReplyDelete
  4. Mas Kaleb,
    setujuuuuuuuuuuuu.
    Trima kasih sudah mampir di sini.

    ReplyDelete

Terbayang-bayang Pulau Maratua

Terbayang - bayang Pulau Maratua

Sore hari di Pulau Maratua Dalam trip saya ke Kepulauam Derawan, maka saya singgah di beberapa pulaunya. Di antaranya  pulau Maratua,...

Main Ke Stone Garden